Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Minggu, 15 Januari 2017

3 Contoh Grafik Lingkaran Sederhana

Setidaknya ada tiga jenis grafik yang sering dipakai dalam penyajian data. Pertama adalah grafik garis, batang kemudian lingkaran. Ketiga grafik tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu membandingkan dan menyajikan data informasi secara jelas, cepat dan efisien. Inti dari membuat Contoh grafik adalah menggambarkan data secara tepat dan cepat serta menerangkan perbandingan atau perkembangan suatu peristiwa atau obyek yang saling berkaitan dengan jelas dan singkat.
Contoh Grafik


Contoh Grafik Lingkaran

Bagi Anda yang belum tahu, grafik lingkaran merupakan grafik yang penyajian data statistiknya menggunakan gambar berbentuk lingkaran. Daerah di dalam lingkaran tersebut menunjukkan persentase dari setiap data yang tersedia. Sebelum mengetahui Contoh grafik lingkaran, Anda harus tahu betul bagaimana menentukan besarnya persentase dari setiap bagian terhadap semua data beserta dengan besarnya sudut lingkaran. Grafik lingkaran seringnya dijadikan sebagai penyajian data cross section karena mengolah data membentuk persentase.

Untuk menentukan besarnya sudut masing-masing obyek, dilakukan perhitungan sederhana. Jika data yang digunakan sudah dalam bentuk persentase, tentu bukan menjadi masalah. Namun jika data masih dalam bentuk angka biasa maka perlu dilakukan perhitungan terlebih dahulu untuk mendapatkan sudut yang diinginkan. Mengukur sudut Contoh grafik adalah dengan membagi hasil persentasi data dengan 3600.  Selanjutnya, barulah bisa dibedakan berdasarkan warna dari masing-masing obyek data sesuai dengan keinginan.

Contoh grafik lingkaran yang pertama adalah “Data Penghasilan Masyarakat Kecamatan Gegesik Tahun 2016”. Dari judul tersebut, akan diperoleh macam-macam penghasilan yang bisa Anda kelompokkan berdasarkan jenisnya. Setelah itu, hitung persentase, besarnya sudut dan juga warna yang akan digunakan.

Contoh grafik lingkaran yang kedua adalah “Data Nilai Kelas VIIA untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Data nilai yang diperoleh tentu beragam. Karena obyek yang dipakai sangat banyak, maka Anda harus membuat interval kelasnya terlebih dahulu. Barulah menghitung persentase dan sudutnya.

Contoh grafik yang ketiga adalah “Data Hewan Qurban yang Disumbangkan di Masjid Al-Ikhlas”. Dari data tersebut, ada banyak data yang bisa ditampilkan. Beberapa diantaranya adalah diagram jenis hewan, desa yang paling banyak menyumbang, dan lain sebagainya.

Bagaimana contoh di atas sudah sangat jelas bukan? Sekian contoh grafik lingkaran, semoga menambah wawasan Anda.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Grafik Lingkaran Sederhana

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top