Pengertian Akuntansi, Pengertian KBBI dan Para Ahli Lengkap

Hal yang berhubungan dengan laporan keuangan pasti bisa disebut dengan akuntansi, namun apa sebenarnya pengertian akuntansi itu? Dilihat secara umum, akuntansi memiliki arti sebagai pemberian kepastian, pengukuran atau penjabaran tentang informasi mengenai aktivitas keuangan. Jadi bisa disimpulkan bahwa akuntansi adalah alat pengukur keuangan. Siapa saja yang berhak memakai alat ukur tersebut? Pada umumnya, semua lembaga atau elemen masyarakat pasti memakai akuntansi untuk mengendalikan laju keuangan mereka.

Memiliki manajemen keuangan terutama akuntansi sendiri juga sangat menguntungkan. Anda bisa mengetahui berapa kisaran uang di setiap bulannya dan Anda pun jadi bisa mengetahui apakah keuangan Anda surplus atau deficit. Dengan adanya pranata keuangan, suatu perusahaan atau organisasi bisa mengetahui anggaran belanja setiap bulannya. Mengenai pengertian akuntansi sendiri, di sini akan diulas secara lengkap mulai dari definisi makna dari Kamus Besar Bahasa Indonesia maupun dari para ahli. Oleh karena itu simaklah penjelasannya di bawah ini.
Pengertian Akuntansi

Beberapa Sumber Mengenai Pengertian Akuntansi

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian akuntansi memiliki arti seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran sebagai akibat karena adanya suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi. Namun, ada pula definisi lain menurut KBBI, pengertian akuntansi juga bisa diartikan sebagai hal yang berhubungan dengan akuntan dan juga termasuk teori atau praktek perakunan yang meliputi tanggung jawab, standar, prinsip, kebiasaan serta semua kegiatannya. Jika mengulik dari para ahli, pengertian akuntansi bisa sangat berbeda-beda dan menarik.

  1. Sophar Lumbantoruan: Pengertian akuntansi menurut Sophar Lumbantoruan menyatakan bahwa akuntansi adalah sebuah alat yang digunakan untuk bahasa bisnis. Isinya berupa informasi yang bisa disampaikan dan bisa dipahami oleh mekanisme akuntansi jika hal itu sudah dimengerti.
  2. Arnold: Bagi Arnold, pengertian akuntansi diartikan sebagai suatu sistem untuk menyediakan sebuah informasi tentang keuangan kepada siapa saja dan mengendalikan serta membuat suatu keputusan dengan hal itu. 
  3. Charles T.Horngren dan Walter T.Harisson: Kedua ahli tersebut mengemukakan pendapat mereka tentang pengertian akuntansi yang menyatakan bahwa ini merupakan suatu sistem dimana aktivitas bisnis bisa diukur kemudian memproses data laporan dan juga melaporkan atau mengomunikasikan hasilnya pada para pengambil keputusan.
  4. Dr.M.Gede: Menurut Dr.M.Gede, pengertian akuntansi ialah suatu seni dalam pencatatan yang dilakukan secara terus menerus dan menurut sistem serta aturan. Akuntansi juga bisa disebut dengan ilmu pengetahuan yang mengelola dan menganalisis catatan dan menjadi sebuah laporan keuangan. Hal tersebut juga menjadi pertanggung jawaban suatu pimpinan lembaga maupun perusahaan.
  5. American Accounting Association: Pengertian akuntansi oleh American Accounting Association menyatakan bahwa akuntansi merupakan alat ukur dan juga proses pencatatan serta pengidentifikasian sebuah laporan keuangan untuk dijadikan bahan keputusan serta sebagai informasi oleh pihak yang membutuhkan hal tersebut.
  6. Suparwoto: Pengertian akuntansi jika menurut Suparwoto memiliki makna suatu sistem untuk mengukur serta mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasilnya dalam bentuk informasi kepada pihak yang bersangkutan seperti pimpinan perusahaan. Hal tersebut bertujuan untuk membantu investor maupun pimpinan mengambil suatu keputusan yang berhubungan dengan keuangan.
  7. Littleton: Menurut Littleton, definisi akuntansi memiliki arti sebagai perhitungan periodic antara biaya usaha dan juga hasil. Hal tersebut bisa menjadi rujukan sebagai ukuran pengambilan suatu keputusan. Jadi bisa disimpulkan, akuntansi di sini bisa membantu para pemimpin perusahaan mengetahui berapa kisaran biaya usaha dan juga hasilnya pada waktu yang diinginkan.

Manfaat memiliki manajemen keuangan di dalam perusahaan itu begitu terasa. Bagaimana tidak? Dengan ini Anda bisa mengetahui berapa biaya produksi dan berapa keuntungan setiap bulannya. Apabila mendapatkan keuntungan tentu akan membuat perusahaan semakin maju, dan apabila biaya produksi terlalu besar maka Anda pun bisa menekannya dengan mencari jalan alternatif. Laporan keuangan di setiap akhir bulan dengan menggunakan ilmu akuntansi memang sangat diwajibkan untuk mengetahui apakah surplus atau malah defisit. Dari beberapa definisi di atas mungkin ada beberapa diantaranya yang masuk akal dan menarik untuk dipelajari. Semoga informasi tentang pengertian akuntansi di artikel ini bisa menambah ilmu Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Akuntansi, Pengertian KBBI dan Para Ahli Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!