Pengertian Demokrasi, Pengertian KBBI dan Para Ahli

Indonesia merupakan salah satu negara yang memakai asas demokrasi, lalu apakah arti dari pengertian demokrasi itu sendiri? Secara umum, demokrasi memiliki arti bentuk pemerintahan suatu negara dimana semua rakyatnya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang bisa mengubah hidup mereka. Sistem demokrasi di Indonesia sendiri diberlakukan setelah rezim Presiden Soeharto. Demokrasi Pancasila merupakan sistem yang diberlakukan oleh Indonesia.

Meskipun Amerika Serikat juga memakai sistem demokrasi, namun mereka menggunakan demokrasi liberal untuk menentukan pemimpin mereka. Pada negara yang memberlakukan aturan demokrasi, ciri-cirinya adalah adanya pemilihan umum baik itu pemilihan presiden, gubernur ataupun anggota parlemen masyarakat. Di Indonesia sendiri pesta demokrasi dilakukan setiap 5 tahun sekali dan semua warga negara wajib ikut serta dalam pemilihan umum. Pengertian demokrasi sendiri bisa berbeda-beda di mata ahli. Untuk mengetahuinya maka simaklah beberapa ulasannya di bawah ini.
Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi Menurut Kacamata Para Ahli

Sebelum membahas tentang pengertian demokrasi menurut para ahli, ada baiknya untuk mengetahui pengertian demokrasi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut KBBI, demokrasi berarti bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya atau bisa disebut juga pemerintahan rakyat. Definisi yang kedua adalah gagasan yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara. Ada pula beberapa para ahli yang mengemukakan pengertian demokrasi menurut sudut pandangan mereka.

  1. Hans Kelsen: mengatakan bahwa pengertian demokrasi adalah suatu pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Para wakil rakyat yang dipilih langsung oleh rakyat dan berhak melaksanakan kekuasaan dimana mereka telah yakin dan mantap bahwa semua kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan oleh pemerintah. Mungkin pendapat beliau menginspirasi Indonesia untuk menggunakan asas demokrasi menurut Hans Kelsen tersebut karena sangat mirip dengan sistem pemerintahan yang ada di tanah air.
  2. Abraham Lincoln: Mantan presiden Amerika ini juga mengutarakan tentang pengertian demokrasi menurut sudut pandangnya. Beliau mengatakan bahwa demokrasi itu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
  3. Merriem: mengatakan pengertian demokrasi menurutnya adalah pemerintahan yang mayoritas dipimpin oleh rakyat. Kekuasaan tertinggi pemerintahan tetap pada rakyat dan dilakukan secara langsung maupun tak langsung oleh mereka dengan melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan cara pemilihan umum secara bebas. Pemilu bebas tersebut dilaksanakan secara periodic. Semua boleh mengikuti pemilu tanpa memandang kelas atau privilege yang berdasarkan keturunan atau kesewenang-wenangan.
  4. Charles Costello: Pengertian demokrasi menurut Charles Costello sangat berbeda dengan yang lainnya. Beliau mengatakan bahwa demokrasi merupakan sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan adanya kekuasaan pemerintah yang dibatasi dengan hukum serta kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara. 
  5. John L. Esposito: Menurut sudut pandang John L. Esposito, pengertian demokrasi berarti kekuasaan dari dan untuk rakyat. Semua berhak berpartisipasi baik itu terlibat aktif atau mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Terdapat pemisahan yang jelas antara lembaga pemerintahan eksekutif, legislatif dan yudikatif.
  6. Sidney Hook: Bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung maupun tak langsung berdasarkan kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas oleh rakyat dewasa, itu merupakan pengertian demokrasi menurut Sidney Hook.
  7. Hannry B. Mayo: Sudut pandang Hannry B. Mayo tentang demokrasi adalah kebijaksanaan umum yang ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat. Pemilihan tersebut didasarkan oleh prinsip kesamaan politik yang diselenggarakan dalam suasana dimana terjadi kebebasan politik.

Pendapat para ahli tersebut memang memiliki perbedaan dan menurut mereka adalah benar menurut sudut pandang masing-masing. Pemerintahan demokrasi yang sesungguhnya adalah memilih pemimpin dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Pemimpin yang dipilih pun harus bisa menyerap aspirasi rakyat. Demokrasi Pancasila yang dijalankan Indonesia merupakan sistem pemerintahan yang adil dan merakyat, bebas namun tidak melupakan norma masyarakat. Dengan adanya beberapa definsi atau pengertian demokrasi di atas, semoga bisa menambah wawasan para pembaca.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Demokrasi, Pengertian KBBI dan Para Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!