Pengertian Globalisasi, Pengertian KBBI dan Para Ahli

Apakah arti yang sebenarnya dari pengertian globalisasi? Secara garis besar, globalisasi memiliki arti perubahan yang besar di dalam masyarakat dunia secara keseluruhan meliputi teknologi, transportasi dan lain sebagainya. Globalisasi sendiri telah merubah dunia menjadi semakin maju dan semua kebutuhan akan komunikasi telah terpenuhi dengan baik. Globalisasi memiliki keterkaitan dengan perkembangan teknologi masa kini dan internet adalah salah satunya.

Globalisasi sendiri memiliki dampak positif untuk masyarakat dunia saat ini. Namun, tak sedikit pula dampak negatif yang dihasilkan. Contoh dampak positif adalah komunikasi semakin lancar, kebutuhan manusia menjadi semakin terpenuhi dan praktis, pergi ke suatu daerah semakin mudah dan masyarakat semakin pintar. Dampak negatif adanya globalisasi antara lain timbulnya kesenjangan sosial, sampah banyak yang menumpuk, polusi dan yang lebih mengerikan adalah pemanasan global serta perubahan iklim. Proses globalisasi sendiri memang tak lepas dari pemanasan global karena semakin canggihnya teknologi maka alam semakin tidak bersahabat karena banyak dimanfaatkan akibat hal tersebut. Terlepas dari dampak positif dan negatifnya, berikut ini ada beberapa sumber tentang pengertian globalisasi yang perlu Anda ketahui.
Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi dari Berbagai Sumber

Di internet, pengertian globalisasi mungkin berarti sebuah proses integrasi internasional akibat pertukaran pandang dunia, pemikiran, produk dan aspek kebudayaan lainnya. Proses tersebut meliputi kemajuan teknologi, transportasi dan infrastruktur lainnya. Adapun pengertian globalisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menyebutkan bahwa globalisasi memiliki makna proses masuknya ruang lingkup dunia. Menelusuri pengertian globalisasi menurut para ahli, ada beberapa diantaranya yang bisa Anda pelajari di sini.

  1. Malcom Waters: Menurut pendapat Malcom Waters, pengertian globalisasi dari sudut pandangnya merupakan sebuah proses sosial yang mengakibatkan pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting dan terjelma di dalam kesadaran orang.
  2. Anthony Giddens: Pengertian globalisasi dari kacamata Anthony Giddens adalah adanya hubungan sosial seluruh dunia yang intens dan menghubungkan daerah jauh sehingga menjadi kejadian lokal. Ini dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya begitu juga sebaliknya.
  3. Selo Soemardjan: Beliau mengemukakan pengertian globalisasi merupakan suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang ada di seluruh dunia. Beliau juga menyebutkan jika globalisasi tersebut merupakan kecenderungan masyarakat yang berada di kota-kota menyatu dengan dunia terutama menyatu dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi, pariwisata dan juga komunikasi.
  4. Bank Dunia: Pengertian globalisasi dari Bank Dunia menyatakan bahwa kebebasan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dan juga dari negara-negara lain. Definisi globalisasi dari Bank Dunia tersebut memang cenderung lebih ke faktor ekonomi dan hal tersebut memang juga bisa disebut dengan globalisasi karena melingkupi beberapa negara di dunia.
  5. John Huckle: Menurut John Huckle, pengertian globalisasi berarti suatu proses dimana keputusan, kejadian dan kegiatan merupakan salah satu bagian dunia dan menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu serta masyarakat di daerah jauh.
  6. Martin Albrow dan Elizabeth King: Kedua sosiolog tersebut mengemukakan bahwa globalisasi memiliki arti semua proses yang menjadikan masyarakat dunia bergabung menjadi satu menjadi masyarakat tunggal.
  7. Emanuel Ritcher: Pengertian globalisasi dari sudut pandang Emanuel Ritcher mengungkapkan yaitu jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat dari sebelumnya terpencar-pencar serta terisolasi menjadi saling ketergantungan dan persatuan dunia. Mungkin yang dimaksud dari beliau adalah adanya kerjasama antar negara seperti OKI, APEC dan Uni Eropa. Negara-negara tersebut bergabung menjadi satu dan saling ketergantungan dalam mendapatkan sesuatu contohnya minyak mentah. 

Globalisasi saat ini meliputi perkembangan teknologi terutama komunikasi. Internet merupakan contoh lain dari globalisasi. Sebenarnya apa tujuan utama dari hal tersebut? Ini memiliki tujuan untuk menyatukan masyarakat dunia dengan mudah tanpa ada halangan waktu dan juga jarak. Meskipun jaraknya bermil-mil, dengan perkembangan teknologi transportasi saat ini bisa memudahkan masyarakat dunia bersatu dan memiliki tujuan yang sama. Dari beberapa pendapat para ahli di atas, mungkin ada salah satu pendapatnya yang lebih menarik yaitu dari Selo Soemardjan. Pembahasan tentang pengertian globalisasi di sini semoga bisa menambah pengetahuan bagi para pembaca.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Globalisasi, Pengertian KBBI dan Para Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!