Pengertian Komputer, Pengertian KBBI dan Para Ahli

Banyak orang yang menggunakan komputer tapi belum pengertian komputer itu sendiri. Pada dasarnya, definisi tentang komputer menunjukkan fungsi dan kinerja dari perangkat ini. Dimana komputer memiliki beberapa komponen untuk bisa bekerja secara bersama-sama. Untuk bisa beroperasi, komputer membutuhkan aliran listrik yang mengalir.

Tak jarang pula komputer didefinisikan sebagai sekelompok mesin dengan sejuta komponen yang akan beroperasi jika dialiri listrik. Mengetahui definisi tentang komputer ini, tentunya Anda akan memahami konsep dasar dari komputerisasi. Bayangkan jika Anda belajar tentang komputer tapi pengertian komputer saja Anda belum memahaminya dengan baik, sangat aneh bukan?

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer dan Fungsinya
Pengertian komputer berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI serangkaian mesin elektronik memiliki jutaan komponen yang bisa saling bekerja sama dan membentuk sebuah sistem kerja yang teliti dan juga rapi. Sistem ini kemudian dipakai untuk melakukan serangkaian pekerjaan yang secara otomatis didasarkan dengan program atau instruksi yang diberikan. Komputer tidak akan bisa bekerja tanpa dipasangkan program. Program yang dimasukkan ke dalam mesin komputer adalah prosedur pengoperasian untuk pemrosesan data agar bisa dioleh sesuai dengan kebutuhan. Jika perangkat komputer disebut dengan istilah Hardware maka program ini dikenal dengan nama Software komputer.

Pengertian komputer secara luas adalah prosedur pengoperasian. Karena pada dasarnya, komputer memang dibuat untuk melaksanakan prosedur pengoperasian yang diinginkan oleh manusia. Sedangkan secara umum, komputer merupakan sekumpulan elektronik yang saling bekerja sama dan terkoordinasi yang dijalankan di bawah kontrol program.

Secara prinsip, pengertian komputer  pada dasarnya hanyalah sebuah alat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Agar bisa bekerja sesuai dengan yang dibutuhkan, alat ini membutuhkan program dan manusia yang untuk menjalankannya. Manusia dalam hal ini disebut dengan nama brainware atau perangkat manusia. Berikut ini adalah beberapa pengertian komputer yang dikemukakan oleh para ahli.

1. Donald H. Sanderes
Menurut ahli komputer Donald H. Sanderes, komputer merupakan sistem elektronik yang berfungsi untuk memanipulasi dan mengolah data dengan cepat serta tepat yang diorganisasikan dan dirancang agar secara otomatis bisa menerima sekaligus menyimpan data input. Tak hanya itu, sistem elektronik ini juga bisa memproses serta menghasilkan output sesuai dengan langkah-langkah instruksi atau sistem operasi yang sudah tersimpan di dalamnya (stored program).


2. V.C. Hamacher et al
Pengertian komputer menurut V.C. Hamacher et al, komputer adalah mesin penghitung elektronik. Mesin elektronik ini bisa menerima informasi digital dengan cepat dan memprosesnya berdasarkan  program yang sudah tersimpan di dalam media penyimpanannya sehingga menghasilkan output informasi yang dibutuhkan oleh manusia.

3. Robert H. Blissmer
Robert H. Blissmer juga mengungkapkan persepsinya tentang pengertian komputer. Ia mengatakan bahwa komputer merupakan suatu alat elektronik yang memang dibuat untuk melakukan beberapa tugas, mulai dari menerima input data digital, memproses input data, menyimpan perintah atau instruksi yang diberikan serta menghasilkan output berbentuk informasi yang bisa dibaca oleh brainware (manusia).

4. Elias M. Awad
Elias M. Awad juga membahas pengertian komputer pada buku yang dirilisnya. Ia berpendapat bahwa komputer adalah sebuah alat hitung yang berfungsi untuk memproses data agar bisa disajikan dalam bentuk dan format data analog dan data digital.

5. Larry Long & Nancy Long
Larry Long & Nancy Long berpendapat bahwa pengertian komputer pada dasarnya adalah sebuah alat hitung elektronik yang dibuat manusia untuk menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah dan instruksi program untuk melakukan input, perhitungan, operasi-operasi logik sampai dengan menghasilkan output.

Setelah mengetahui pengertian komputer berdasarkan KBBI dan pendapat para ahli, lantas apa saja macam-macam komputer? Jika dilihat dari data yang diolah, komputer dibedakan menjadi 3 macam yakni komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid. Ada banyak sekali kegunaan komputer dalam kehidupan manusia. Bahkan, banyak pula yang berpendapat bahwa komputer saat ini adalah suatu kebutuhan setiap orang. Pasalnya komputer memudahkan manusia agar bisa melakukan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Demikian ulasan terkait dengan pengertian komputer. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi dan menambah wawasan Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Komputer, Pengertian KBBI dan Para Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!