Pengertian Komunikasi, Pengertian KBBI dan Para Ahli

Banyak orang yang belum memahami betul pengertian komunikasi. Padahal komunikasi merupakan hal penting yang pastinya dilakukan setiap manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang pastinya akan melakukan komunikasi baik dengan berbicara, menelpon, menulis surat dan lain sebagainya. Komunikasi pada dasarnya diambil dari istilah bahasa Inggris yakni communication. Seperti yang diketahui, ada ilmu yang mempelajari komunikasi secara lebih dalam. Ilmu tersebut dikenal dengan nama ilmu komunikasi. Sebelum mendalami ilmu ini, tentu saja Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian dari komunikasi itu sendiri. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas pengertian komunikasi secara lebih lengkap dan jelas.
Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi dan Tujuannya

Komunikasi secara umum artinya adalah proses pengiriman serta penerimaan pesan atau informasi antar dua orang atau lebih dengan efektif agar dapat dipahami dengan mudah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang individu atau lebih agar pesan yang diberitakan tersebut bisa dipahami oleh lawan bicara. Setidaknya ada banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian komunikasi. Tak hanya pengertiannya, mereka juga memberikan pendapat terkait dengan tujuan, syarat, fungsi dan manfaat dari komunikasi. Berikut ini adalah beberapa pengertian dari istilah komunikasi berdasarkan pendapat para ahli.

  1. William F.Glueck: William F. Glueck menjelaskan bahwa pada dasarnya komunikasi bisa dibagi menjadi dua bentuk kegunaan. Pertama adalah Interpersonal Communications. Pengertian komunikasi ini adalah proses pemindahan pengertian atau pertukaran informasi antar pribadi atau antar dua individu atau lebih dalam suatu kelompok manusia. Yang kedua adalah Organization Communications. Komunikasi yang satu ini pada dasarnya adalah sama. Hanya saja proses pemindahan informasi dan pengertiannya dilakukan kepada orang banyak kepada pribadi-pribadi maupun organisasi dan lembaga.
  2. Rogers & D. Lawrence Kincaid: Rogers & D. Lawrence Kincaid berpendapat bahwa pengertian komunikasi merupakan suatu proses yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk melakukan pertukaran pengertian dan informasi. Hingga saat waktunya datan akan tercipta pengertian yang lebih mendalam diantara setiap individu yang melakukan komunikasi tersebut.
  3. James A.F.Stoner: Pengertian komunikasi menurut James A.F.Stoner adalah proses dimana seseorang individu tengah berusaha memberikan informasi dan pengertian kepada orang lain dengan pemindahan pesan. Komunikasi tersebut dikatakan efektif ketika lawan berbicara memahami maksud dari pengertian atau informasi yang diberikan.
  4. Everett M. Rogers: Everett M. Rogers berpendapat bahwa pengertian komunikasi adalah sebuah proses dimana suatu ide pemikiran dialihkan dari satu sumber kepada satu penerima (individu) atau lebih. Tujuannya adalah untuk mengubah tingkah laku individu yang menerima informasi tersebut.
  5. Shannon & Weaver: Pengertian komunikasi menurut Shannon & Weaver adalah bentuk interaksi yang dilakukan manusia untuk saling mempengaruhi manusia lain, baik dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Proses mempengaruhi ini tidak terbatas dengan bentuk komunikasi yang dipakai entah menggunakan bahasa verbal, ekspresi muka, teknologi dan lain sebagainya.
  6. Raymond S. Ross: Raymond S. Ross mengungkapkan bahwa pengertian komunikasi pada dasarnya adalah suatu proses memilih, menyortir serta mengirimkan simbol-simbol yang mudah dipahami kepada orang lain dengan tujuan membantu pendengar untuk merespons dan membangkitkan makna dari pikiran dan informasi serupa yang dimaksudkan oleh komunikator.
  7. Bernard Berelson & Gary A. Steiner: Pengertian komunikasi menurut Bernard dan Gary adalah transmisi gagasan, informasi, keterampilan, emosi dan lain sebagainya menggunakan kata-kata, simbol, figur, grafik, gambar dan lain sebagainya. Proses pemindahan informasi atau transmisi inilah yang akhirnya disebut dengan istilah komunikasi. 

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan pengertian komunikasi, lantas apa sebenarnya tujuan dari komunikasi itu sendiri? Secara umum, komunikasi berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada penerima. Dimana penerima informasi tersebut mengerti secara jelas pesan utama yang dimaksudkan oleh komunikator. Komunikasi juga berfungsi untuk memahami orang lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi komunikator untuk memerhatikan proses transmisi informasi yang akan dilakukan agar orang lain yang menjadi lawan bicara memahami apa yang dimaksudkan.

Demikian tadi merupakan ulasan terkait dengan pengertian komunikasi beserta fungsinya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda terkait dengan ilmu komunikasi.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Komunikasi, Pengertian KBBI dan Para Ahli

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!