Pengertian Pendidikan, Pengertian KBBI dan Para Ahli

Kita yang telah menempuh pendidikan selama belasan hingga puluhan tahun, ternyata belum tentu mengerti betul pengertian pendidikan. Tidak percaya? Tanyalah orang terdekat Anda, berapa orang yang bisa benar-benar menjawab penjabaran dari pendidikan ketika ditanya. Padahal sebagai orang yang terdidik, teman Anda kebanyakan pastilah orang yang terdidik juga. Bukankah hal tersebut menggambarkan betapa tidak menyenangkannya potret pendidikan di negeri ini?

Jika Anda memutar kembali memori Anda sewaktu semasa sekolah, ingatlah apa saja yang sudah Anda pelajari. Apakah hanya sekedar materi pelajaran? Atau hanya peraturan-peraturan yang harus ditaati karena adanya guru yang galak? Atau betapa serunya teman-teman Anda, dan betapa ada teman satu sekolah yang sangat tidak Anda sukai? Jika hal-hal tersebut merupakan memori yang muncul pertama kali di otak Anda, maka hanya sebatas itulah pengertian pendidikan bagi hidup Anda.
Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan di Mata dan Telinga

Kendati sudah menjadi hal yang wajib dilakukan, pendidikan masih tidak benar-benar diserapi. Masih adanya pergantian sistem setiap pemerintah merasa perlu. Masih ada berbagai macam isu yang meresahkan dunia pendidikan itu sendiri. Jika terus seperti ini, apakah pengertian pendidikan akan bergeser?

Agar Anda tidak tersesatkan, maka lebih baik melihat sumber asli dari pengertian pendidikan di bawah ini:

  • Pengertian pendidikan menurut KBBI: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan yang memiliki kata dasar “didik” dengan imbuhan pe- dan –an memiliki arti suatu sistem yang dilakukan untuk mendewasakan anak manusia yang termasuk dalam kategori peserta didik. Sistem yang mendewasakan ini juga termasuk mengubah sikap dan memperbaiki perilaku agar dapat terbentuk dan dapat diterima masyarakat. Pengertian pendidikan menurut KBBI juga diwujudkan melalui sistem belajar dan mengajar dalam suatu komunitas.
  • KI Hajar Dewantara: Pahlawan Nasional Indonesia ini didaulat sebagai Bapak Pendidikan Indonesia yang terkenal dengan semboyan yang dipasang di logo sekolah negeri yaitu Tut Wuri Handayani. Sebenarnya semboyan ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, yang artinya di depan memberi contoh. Selanjutnya adalah Ing Madyo Mangun Karso yang artinya  di tengah mendukung dan membangkitkan semangat. Dan yang terakhir yaitu Tut Wuri Handayani, yang artinya adalah di belakang memberi suatu dorongan untuk yang di tengah dan di depan. Ternyata maknanya dalam sekali ya. Pengertian pendidikan menurut beliau adalah suatu keharusan. Apalagi untuk anak-anak yang memang harus dibimbing agar suatu saat dapat mencapai kesuksesan dan kebahagiaan masing-masing. 
  • Prof. H. Mahmud Yunus: Pengertian pendidikan menurut beliau adalah usaha yang harus diambil untuk mendukung anak-anak dalam meningkatkan ilmu pengetahuan, akhlak, serta jasmani. Dengan diambilnya langkah tersebut, maka anak-anak akan semakin dekat dengan cita-citanya. Pengertian pendidikan yang telah dijabarkan adalah benar, karena tanpa ilmu yang memadai, maka suatu profesi tidak akan bisa dilakukan. Namun, sistem pendidikan di Indonesia masih belum terarah betul. Sedikit sekali sekolah yang langsung mengarahkan anak didiknya kepada jenjang karir yang diinginkan atau ilmu yang dinginkan. Harus menunggu jenjang perkuliahan dan Anda semua tahu betapa biaya perkuliahan tidaklah murah.
  • Prof. Herman H. Horn: Pengertian pendidikan menurut professor yang satu ini sedikit rumit. Beliau berpendapat bahwa pendidikan adalah penyesuaian dalam bentuk sistem untuk anak-anak sebagai makhluk yang masih berkembang. Fisik, mental, serta hal-hal terkait spiritual termasuk di dalamnya, sehingga makhluk tersebut dapat menyadari keberadaan Tuhan yang tercermin dari ciptaan-Nya.
  • Ahmad D. Marimba: Menurut beliau, pendidikan adalah tuntunan dalam bentuk sistem yang dilakukan oleh pengajar dan anak didik secara sadar. Sistem ini dilakukan hingga adanya perubahan secara jasmani ataupun rohani dalam diri mereka. Jadi, tidak hanya dari segi ilmu saja anak didik mengalami perkembangan, tapi juga memiliki akhlak yang bagus. Pengertian pendidikan ini sangat menekankan pada perubahan yang dialami. Apakah ilmunya bertambah namun akhlaknya berkurang? Atau sebaliknya? Jika demikian, sistem pendidikan tersebut justru dapat dibilang telah gagal.


Itulah pengertian pendidikan menurut beberapa ahli dan dokumen resmi. Kesemuanya memiliki pandangan yang bisa dikatakan memiliki dasar yang sama, hanya saja penyampaian dan tujuannya sedikit berbeda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Pendidikan, Pengertian KBBI dan Para Ahli

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!