Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Jumat, 13 Januari 2017

Pengertian Seni, Pengertian KBBI dan Para Ahli

Pengertian seni secara umum memiliki arti sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan memiliki unsur keindahan serta bisa membangkitkan perasaan seseorang. Seni diambil dari bahasa Sansekerta yaitu Sani yang memiliki arti pemujaan, pelayanan atau persembahan dan diikuti dengan upacara keagamaan. Upacara tersebut kemudian disebut dengan kesenian. Namun, arti kata seni sendiri bisa berbeda-beda maknanya. Dalam bahasa Belanda, seni disebut genie yang bermakna kemampuan luar biasa dan dibawa sejak lahir. Mungkin itu bisa disimpulkan menjadi bakat karena membahas tentang kemampuan.

Terlepas dari pengertian seni yang beragam, ada beberapa jenis seni yang selama ini dipelajari oleh manusia. Yang pertama adalah seni rupa, seni lukis, seni ukir, seni pahat, seni tari, seni peran, seni musik dan seni grafis. Semua jenis seni tersebut bisa menghasilkan unsur keindahan yang bisa membuat siapa saja merasa senang dengan hal itu. Keindahan memang tak lepas dari kata seni selama ini karena memang memiliki keterkaitan yang kuat. Bisa dicontohkan, apabila seseorang menggambar lukisan yang bagus pasti hasilnya akan enak dilihat oleh orang lain. Mengenai tentang pengertian seni, di sini akan dijelaskan tentang definisi kata tersebut menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan juga dari para ahli.
Pengertian Seni

Mengenal Tentang Pengertian Seni dari Berbagai Sumber

Seseorang yang memiliki bakat seni bisa dikatakan jenius karena tidak semua orang bisa melakukannya. Berbicara soal pengertian seni, jika menurut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti halus. Memang benar, apabila ada sebuah benda seni maka akan terlihat halus dipandang mata. Ada pula pengertian seni yang lainnya menurut KBBI adalah lembut dan tinggi bila itu mengenai suara dan mungil dan elok bila itu membicarakan tentang badan. Jadi definisi seni tadi bisa disimpulkan sebagai sesuatu yang memiliki unsur halus, lembut serta elok saat dipandang dan juga saat dirasakan. Lalu bagaimanakah pendapat dari para ahli tentang pengertian seni? Berikut ini ada beberapa pendapat ahli yang menarik untuk diulas.


  1. Ki Hajar Dewantara: Beliau menyatakan bahwa seni merupakan hasil dari keindahan yang bisa menggerakkan perasaan indah bagi orang yang melihatnya. Selain itu, Ki Hajar Dewantara juga mengungkapkan apabila ada perbuatan manusia yang dapat menimbulkan perasaan indah itulah yang disebut dengan seni.
  2. Aristoteles: Pengertian seni dari Aristoteles menyatakan bahwa seni itu meniru alam. Hal tersebut dikarenakan bentuk pengungkapan serta penampilannya yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan. Pernyataan ini memang bisa dianggap benar karena kebanyakan seniman menjadikan alam sebagai inspirasinya.
  3. James Murko: Menurut James Murko, pengertian seni bisa diartikan sebagai penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa manusia. Rasa indah tersebut dilahirkan dengan perantara alat komunikasi ke dalam bentuk yang dianggap oleh indera pendengaran meliputi seni musik/suara, indera penglihatan meliputi seni lukis/rupa dan perantara gerak yang meliputi seni tari dan drama.
  4. Drs.Popo Iskandar: Pengertian seni menurut sudut pandang Drs. Popo Iskandar ialah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan pada orang lain dalam kesadaran hidup berkelompok atau pun bermasyarakat.
  5. Alexander Baum Garton: Beliau mengungkapkan bahwa pengertian seni itu adalah keindahan, hal tersebut bertujuan untuk menjadikan penikmat merasakan kebahagiaan. Jadi bisa disimpulkan jika seni itu memiliki tujuan yang positif.
  6. Hilary Bel: Hilary Bel menyatakan pendapatnya bahwa seni merupakan istilah yang digunakan untuk semua karya dan dapat menggugah hati guna mencari tahu siapa penciptanya.
  7. Immanuel Kant: Pengertian seni menurut Immanuel Kant yaitu sebuah impian karena adanya rumus-rumus yang tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

Beberapa sumber tentang definisi seni di atas bisa Anda pelajari. Semuanya memiliki arti yang berbeda-beda tetapi memiliki persamaan membahas tentang keindahan. Kata seni sendiri memang tidak bisa dipisahkan dari unsur indah tersebut. Bagi seseorang yang memiliki bakat seni, hal tersebut bisa membuat orang itu merasa puas apabila disalurkan dengan media yang bersangkutan, contohnya kanvas dan cat bila bakatnya melukis. Dengan tersalurnya bakat maka akan terasa lega dan bahagia karena bisa mengungkapkan apa yang dimilikinya selama ini. Dari berbagai sumber tentang pengertian seni di atas semoga bisa menambah pengetahuan siapa saja yang membacanya.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Pengertian Seni, Pengertian KBBI dan Para Ahli

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top