Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Senin, 27 Maret 2017

3 Contoh Jurnal Ilmiah dengan Struktur yang Benar

Jurnal ilmiah merupakan semacam laporan yang dilaporkan secara tertulis yang memenuhi standar penulisan tertentu. Laporan ilmiah yang diterbitkan di dalam jurnal ilmiah biasanya merupakan hasil penelitian dari ahli di bidang tertentu. Bagi Anda yang masih awam dalam menulis karangan ilmiah, contoh jurnal ilmiah berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi. Dengan demikian, penulisan laporan ilmiah Anda akan lebih terstruktur sesuai dengan kaidah penulisan tertentu. Simak saja contohnya berikut ini.
Contoh Jurnal Ilmiah

Contoh Jurnal Ilmiah dengan Struktur yang Benar

Menulis jurnal ilmiah bagi mereka yang masih belajar memang agak sedikit rumit. Jurnal ilmiah memiliki kaidah penulisan yang cukup rumit. Oleh karena itu, diperlukan contoh jurnal ilmiah yang tepat agar penulisan jurnal menjadi semakin mudah. Di sinilah penjelasan sederhana mengenai contoh laporan ilmiah.

Contoh jurnal ilmiah yang pertama adalah jurnal pendidikan. Di dunia pendidikan, banyak penelitian bisa dilakukan. Hasil dari penelitian dan pengkajian tersebut kemudian disusun dalam sebuah laporan tertulis dengan kaidah seperti yang ada pada jurnal ini. Penulisan yang sederhana dengan kata-kata yang mudah dimengerti.

Selain jurnal pendidikan, ada contoh jurnal ilmiah yang membahas perihal kesehatan. Di bidang kesehatan, ada banyak sekali pembahasan yang bisa digali. Di bidang kesehatan ini ada ribuan masalah yang bisa diteliti dan dijabarkan dalam sebuah jurnal.

Dua contoh di atas merupakan jurnal yang cukup penting untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia. Contoh jurnal ilmiah yang ketiga yang lebih sederhana adalah jurnal tentang gaya hidup. Penelitian terkait gaya hidup manusia mungkin lebih ringan. Anda pun bisa membuat laporan ilmiahnya.

Tiga contoh jurnal ilmiah di atas bisa dijadikan referensi dalam pembuatan laporan ilmiah. Hal yang penting dan harus diperhatikan oleh para pembuat jurnal adalah penyusunan jurnal harus sesuai dengan struktur yang sudah ditentukan.

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai contoh jurnal ilmiah yang bisa Anda pelajari sebagai bahan referensi. Penting sekali membaca jurnal sebelum membuat jurnal ilmiah sendiri. Semoga ulasan sederhana ini bermanfaat untuk Anda.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Jurnal Ilmiah dengan Struktur yang Benar

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top