Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Senin, 27 Maret 2017

Contoh Jurnal Ilmiah yang Sesuai dengan Kaidah Penulisan Ilmiah

Jurnal ilmiah, seperti namanya, merupakan sebuah laporan tertulis yang didasarkan pada sebuah penelitian. Syarat-syarat penulisan jurnal ilmiah adalah logis, disusun dengan lugas dan tidak emosional, efektif, dan ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagian besar orag berpikir bahwa menulis karya ilmiah ini sangat rumit. Padahal, selama Anda mengetahui kaidah penulisan yang benar, tidak ada yang susah. Sebagai bahan referensi, kali ini akan dijelaskan contoh jurnal ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang berlaku di Indonesia. Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.
Contoh Jurnal Ilmiah

Contoh Jurnal Ilmiah yang Benar

Manfaat menulis jurnal ilmiah sangat besar, tidak hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri sendiri. Seperti yang telah dijelaskan di atas, jurnal ilmiah harus disusun setelah melalui serangkaian penelitian tertentu. Karena sifat laporan sendiri adalah objektif, penelitian pun harus dilakukan seobjektif mungkin. Simak contoh jurnal ilmiah yang benar berikut ini.

Contoh jurnal ilmiah yang pertama adalah jurnal politik. Dalam jurnal ini, pembahasannya seputar dunia politik. Penelitian seperti ini tidak perlu dilakukan dalam sebuah lap, melainkan dari penelitian pustaka dan penelitian sosial. Seperti yang ada pada contoh berikut ini.

Penelitian di bidang politik bisa dilaporkan seperti yang telah dicontohkan di atas. Selanjutnya, contoh jurnal ilmiah yang baik untuk Anda adalah jurnal kesusasteraan. Apa yang dimaksud dengan jurnal kesusasteraan? Jurnal semacam ini biasanya ditulis berdasarkan perkembangan di bidang sastra. Penelitiannya pun dilakukan secara objektif.

Satu contoh jurnal ilmiah yang baik tanpa penelitian lab adalah jurnal bisnis. Hal-hal yang terkait dengan bisnis bisa diteliti tanpa perlu melakukan penelitian lap. Jurnal bisnis termasuk jurnal sosial yang didasarkan pada penelitian-penelitian sosial.

Tiga contoh di atas merupakan contoh jurnal ilmiah yang disusun berdasarkan kaidah penulisan ilmiah yang benar. Meskipun tanpa penelitian lap, jurnal di atas tetap ilmiah.

Demikian adalah penjelasan sederhana mengenai contoh jurnal ilmiah yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda sehingga bisa menyusun laporan dengan benar.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Jurnal Ilmiah yang Sesuai dengan Kaidah Penulisan Ilmiah

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top