Memahami Pengertian Ekonomi Sebagai Langkah Awal Mengenal Dunia Usaha

Bekal pengetahuan berupa pengertian ekonomi dan segala aspeknya perlu diajarkan kepada setiap individu yang terjun ke dalam dunia usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup maupun keinginan tertentu. Dengan mempelajari ekonomi dan segala ilmu di dalamnya, Anda bisa mempelajari berbagai hal seperti fenomena negara maju dan negara berkembang, kaum borjuis dan kaum proletar, dan sebagainya.

Anda yang tidak terbiasa mungkin akan melihat bahwa ilmu ini merupakan ilmu yang tampak rumit dengan berbagai angka, grafik, tabel, statistik, dan sebagainya. Walau begitu, dalam prakteknya ilmu ini telah banyak menguak fenomena penting kehidupan manusia dalam usaha pemenuhan kebutuhannya.
Pengertian Ekonomi

Memahami Pengertian Ekonomi Sebagai Langkah Awal Mengenal Dunia Usaha

Sebelum memahami lebih jauh mengenai pengertian ekonomi menurut beberapa ahli, Anda perlu memahami istilah ekonomi itu sendiri terlebih dahulu. Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, oikos dan nomos. Oikos diartikan sebagai rumah tangga atau keluarga sedangkan nomos berarti aturan atau peraturan. Jadi, secara bahasa ekonomi adalah aturan atau peraturan rumah tangga.

Dari KBBI, ada 4 macam pengertian ekonomi. Pertama, ekonomi sebagai ilmu mengenai berbagai asas produksi, distribusi, serta pemakaian barang dan berkaitan dengan kekayaan. Makna tersebut berkaitan dengan bidang industri, perdagangan, dan keuangan. Arti yang kedua adalah tata kehidupan perekonomian sebuah negara. Arti yang ketiga yaitu pemanfaatan waktu, tenaga, uang, maupun hal lainnya yang berharga. Terakhir, ekonomi berarti urusan keuangan sebuah organisasi atau negara.

Pengertian ekonomi berdasarkan pendapat beberapa tokoh dikemukakan dalam penjelasan sebagai berikut:
1. Menurut Adam Smith
Pengertian ekonomi menurut Bapak ekonomi ini adalah ilmu yang mempelajari berbagai keadaan yang berkaitan dengan kekayaan suatu negara sekaligus faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pandangan tersebut sempat mendapat kritikan oleh sastrawan di abad 19.

2. Menurut Robbins
Menurut tokoh ini, pengertian ekonomi mengacu pada perilaku manusia dalam menggunakan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Menurutnya, dalam definisi ekonomi terdapat 4 proposisi penting yang melandasinya, yaitu keinginan yang tidak terbatas, sumber daya yang terbatas, tingkat kepentingan keinginan tersebut, dan sarana alternatif dalam penggunaan.

3. Menurut Prof. Marshall
Pengertian ekonomi menurutnya yaitu kajian tentang manusia dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai dan menggunakan kesejahteraan materiil. Di dalam definisi ini, ada 4 fitur penting yaitu 1). Kajian terhadap orang biasa dalam masyarakat 2). Aspek ekonomi manusia secara khusus tanpa mengkaitkannya dengan agama, politik, maupun sosial 3) syarat atau penyebab kekayaan 4) anggapan bahwa kekayaan bukan akhir sebuah aktivitas ekonomi.

4. Paul A. Samuelson
Pengertian ekonomi menurut pandangan tokoh ini adalah cara-cara manusia dan kelompoknya dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas dengan atau tanpa uang agar mendapatkan bermacam komoditi dan mendistribusikannya pada masyarakat sehingga dapat dikonsumsi.

5. Menurut John S Mill
Mill merupakan salah satu tokoh yang terkenal dengan konsep ekonomi politiknya. Menurut pandangan tokoh ini, pengertian ekonomi mengacu pada ilmu pengetahuan praktis mengenai pengeluaran dan tagihan alias pajak.

6. Abraham Maslow
Pengertian ekonomi dijelaskan dalam definisi berikut. Masalah dalam kehidupan manusia yang berkaitan dengan perilaku dan sumber ekonomi memerlukan solusi yang efektif sekaligus efisien berupa asas dan prinsip ekonomi dari teori tertentu. proses pengkajian inilah yang dimaksud oleh Maslow.

7. Menurut tokoh Indonesia
Ada beberapa tokoh Indonesia yang menyumbangkan pandangannya dalam memudahkan pemahaman mengenai pengertian ekonomi. Pandangan yang pertama dari Hermawan Kartajaya. Tokoh ini menerangkan bahwa ekonomi diibaratkan sebagai platform yang mendasari berbagai sektor industri di atasnya.

Sementara itu, pengertian ekonomi dari tokoh Indonesia lainnya adalah pengertian menurut M. Manulang. Menurutnya, ekonomi merupakan ilmu yang mengkaji usaha-usaha anggota masyarakat agar dapat mencapai tujuan terpenuhinya kebutuhan barang maupun jasa. Mereka yang dapat memenuhi kebutuhan barang maupun jasa itulah yang dikatakan sebagai orang yang makmur dan sejahtera.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa mulai dari pengertian ekonomi hingga faktor khusus di dalamnya, ada banyak pembelajaran untuk dipahami karena semua hal tersebut merupakan hasil pengamatan dan pemikiran para ahli. Bagaimana pendapat Anda setelah membaca info tersebut?
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Memahami Pengertian Ekonomi Sebagai Langkah Awal Mengenal Dunia Usaha

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!