Pengertian Budaya Berdasarkan Berbagai Pandangan

Mengapa pengertian budaya sering disertakan dalam pengajaran di institusi pendidikan maupun institusi yang lebih khusus lainnya? Hal ini karena budaya merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Secara spesifik, ada 3 alasan bahwa budaya merupakan aset yang penting bagi masyarakat.

1. Memiliki peran yang signifikan dalam sebuah masa transisi, dimana budaya tersebut dapat memajukan atau justru menghancurkan.
2. Membentuk perilaku seseorang maupun kelompok dalam menghadapi tantangan yang dihadapi.
3. Menjadi sebuah identitas bagi orang atau kelompok.
Pengertian Budaya

Pengertian Budaya dari Berbagai Sisi

Ada beberapa kategori yang perlu diketahui ketika Anda mempelajari pengertian budaya. Kategori yang dimaksud meliputi pengertian secara harfiah, pengertian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), serta definisi menurut para ahli.

Pengertian budaya secara harfiah adalah pandangan dan cara hidup yang telah lama ada pada sekelompok masyarakat dimana pandangan dan cara tersebut terus diwariskan dan dilestarikan oleh setiap generasi kelompok tersebut. Budaya yang dalam bahasa Inggris disebut dengan culture sendiri berasal dari bahasa Sansakerta buddhayah.

Sementara itu, menurut KBBI, pengertian budaya merujuk pada pikiran dan akal budi. Jadi, apabila Anda mendengar istilah orang yang berbudaya, hal itu bisa diartikan sebagai orang yang memiliki pikiran serta akal yang maju. Hasil dari pikiran serta akal budi yang dituangkan ke dalam seni, adat, dan sebagainya itulah yang disebut dengan kebudayaan.

Di sisi lain, ada banyak definisi atau pengertian budaya yang dikemukakan oleh para ahli. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Budaya menurut Ward Goodenough
Menurut Goodenough, budaya dianggap sebagai suatu sistem pengetahuan (cognition). Menurutnya, budaya merupakan akar dari segala hal yang ada dalam pikiran manusia yang dimiliki manusia dan dipraktekkan dan disepakati dengan cara yang dapat diterima oleh anggota lainnya dalam sebuah masyarakat.

2. Budaya menurut Levi-Strauss
Budaya dipandang sebagai ciptaan yang kumulatif terhadap pikiran serta merupakan sistem simbolik yang dimiliki oleh semua anggota masyarakat. Jadi, menurut Levi-strauss budaya dihasilkan dari prinsip pikiran dan penstrukturan berbagai bidang kultural seperti bahasa, kesenian, kekerabatan, mitologi, dan sebagainya.

3. Budaya menurut Kluckhohn dan Kelly
Pengertian budaya menurut Kluckhohn dan Kelly adalah konsep hidup implisit maupun eksplisit yang tercipta melalui sejarah yang panjang. Konsep hidup yang rasional maupun irasional tersebut dijadikan sebagai acuan dalam bertingkah laku sebuah kelompok masyarakat.

4. Budaya Menurut Himstreet, Lehman, dan Batty
Pengertian budaya menurut ketiga tokoh ini adalah kumpulan pengalaman hidup yang tercipta dari kepercayaan, gaya hidup, maupun perilaku yang ada dan dijalankan oleh kelompok masyarakat tertentu. Jadi, apabila pengalaman hidup sebuah kelompok sangat kuat, hal ini dapat memberikan banyak pengaruh dalam kelompok tersebut.

5. Budaya menurut Geertz
Menurut Geertz, budaya bukanlah merupakan sistem simbolik atas apa yang ada dalam pikiran setiap individu melainkan sistem simbolik yang terdapat diantara anggota masyarakat dan dimiliki bersama.

6. Budaya menurut Ki Hajar Dewantara
Pengertian budaya menurut tokoh pendidikan di Indonesia ini adalah hasil perjuangan setiap anggota masyarakat terhadap berbagai berbagai perubahan zaman maupun alam yang dijadikan sebagai panduan dalam menyikapi, menghadapi, serta mencapai cita-cita masyarakat.

7. Budaya menurut Parsudi Suparian
Menurut Parsudi Suparian, pengertian budaya adalah pengetahuan manusia terhadap berbagai hal yang secara menyeluruh diaplikasikan untuk mengerti, memahami, serta melandasi kehidupan suatu masyarakat terhadap lingkungan maupun segala sesuatu yang terjadi.

8. Budaya menurut Koentjaraningrat
Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat yaitu sistem ide, gagasan, serta rasa yang dihasilkan setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat. Gagasan maupun rasa tersebut terwujud dalam bentuk tindakan dan karya yang terus dipelajari dan dilestarikan.

9. Effat al-Syarqawi
Menurut tokoh ini, pengertian budaya dipandang dari segi keislaman berarti sebuah cerminan nilai yang memiliki makna, visi, dan misi sesuai dengan rohaniah manusia dalam bermasyarakat. Semua hal tersebut menjadi khazanah sejarah sebuah kelompok masyarakat terhadap anggotanya maupun kelompok lain.

10. Linton
Linton mengemukakan bahwa budaya merupakan pengetahuan, sikap, dan pola hidup yang dilestarikan dan diwariskan oleh sekelompok masyarakat.

Demikian beberapa info mengenai pengertian budaya yang didefinisikan dari berbagai sumber. Anda bisa mempelajari lebih dalam melalui berbagai referensi. Semoga info ini bermanfaat.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Budaya Berdasarkan Berbagai Pandangan

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!