Pengertian Organisasi Beserta Ciri dan Tujuannya

Pengertian organisasi yang mungkin selama ini Anda ketahui adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Pengertian lain organisasi juga bisa diartikan sebagai sebuah wadah berkumpul untuk bekerja sama secara terstruktur, terpimpin, terencana dan sistematis.

Jika dilihat dari pengertian-pengertian diatas, kita mendapatkan beberapa point penting yaitu kumpulan orang, kerjasama, tujuan dan pembagian tugas. Namun, rasanya kurang lengkap jika kita hanya mengetahui pengertian organisasi secara umum. Pengertian menurut para ahli juga perlu Anda ketahui guna menjadi tambahan referensi tentang arti dari organisasi. Berikut beberapa referensi mengenai arti organisasi menurut para ahli.
Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Kata organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu Organon yang memiliki arti alat, badan, anggota atau bagian sedangkan Indonesia menyerap kata Organon menjadi Organisasi. Jika dilihat dari artinya, kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian organisasi adalah alat untuk bisa mencapai suatu tujuan. Arti alat disini tentunya bukanlah barang namun merupakan kata kiasan semata yang artinya orang-orang berada dalam suatu wadah perkumpulan.

 Pengertian organisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu kesatuan yang terdiri dari bagian (orang) dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. Jadi bisa disimpulkan arti organisasi menurut KBBI ini adalah suatu kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Dilihat dari pengertian organisasi yang memiliki makna beragam mulai dari pengertian secara umum hingga menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, beberapa ahli juga menyampaikan gagasannya mengenai arti organisasi. Berikut ini arti organisasi yang dicetuskan oleh para ahli.


  • 1. Max Weber
  • Pengertian organisasi menurut Max Weber adalah sebuah kerangka yang menjadi satu kerangka yang terjalin dan terstruktur. Di dalamnya terdapat beberapa wewenang, pembagian tugas serta tanggung jawab untuk menggerakan suatu hal yang dinilai memiliki nilai manfaat. 
  • 2. Stephen P. Robbins
  • Menurut definisi dari Stephen P. Robbins, organisasi merupakan satu kesatuan sosial yang telah dikoordinasikan secara sadar, memiliki satu batasan yang bisa diidentifikasi dan bekerja terus menerus untuk bisa mencapai suatu tujuan bersama yang telah disepakati.
  • 3. J. William Schulze
  • Pengertian organisasi menurut J. William Schulze adalah suatu pergabungan yang terdiri dari orang-orang, alat, ruang kerja dan segala apapun yang terkait. Memiliki hubungan yang efektif, teratur untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu yang diinginkan.
  • 4. Philip Selznick
  • Organisasi menurut Philip Selznick adalah beberapa personil yang memiliki peraturan untuk bisa mencapai beberapa tujuan yang telah ditetapkan. Masing-masing personil memiliki tugas dan tanggung jawab agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai.
  • 5. Drs. H. Malayu S.P Hasibuan
  • Dari Indonesia sendiri juga ada ahli yang memberikan gagasan pengertian organisasi. Organisasi menurut Drs. H. Malayu adalah suatu pengelompokan, pemilihan dan penyusunan yang dibentuk menjadi beberapa kesibukan guna terciptanya suatu tujuan yang dibutuhkan bersama.


Setiap anggota yang ada di dalam sebuah organisasi secara alamiah tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar orang-orang yang berada di dalam organisasi tersebut memiliki satu tujuan akhir yaitu penghasilan. Umumnya, tujuan akhir dari sebuah organisasi tercantum dalam visi misi organisasi tersebut sedangkan tujuan kecil lainnya dibahas pada saat rapat. Satu tujuan bersama itulah yang tercantum pada pengertian organisasi baik secara umum maupun dari para ahli.

Berdasarkan dari tujuan dan pengertian organisasi yang telah dijelaskan diatas, kita bisa menarik beberapa point penting yang dijadikan sebagai ciri-ciri dari sebuah organisasi. Dengan mengetahui ciri-ciri organisasi tentunya bisa memberikan wawasan Anda mengenai gambaran dan batasan yang jelas bagaimana perkumpulan tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah organisasi.

Selain pengertian organisasi, ciri dari sebuah organisasi juga perlu Anda ketahui yang diantaranya adalah beranggotakan lebih dari 2 orang, memiliki tujuan yang sama, adanya kerjasama karena untuk bisa mencapai suatu tujuan dibutuhkan kerjasama, aturan, struktur organisasi dan pembagian tugas.
Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil dari tujuan, ciri dan pengertian organisasi diatas bahwa sebuah organisasi bisa dikatakan organisasi apabila di dalamnya terdapat anggota yang lebih dari dua yang bekerjasama untuk bisa mencapai tujuan bersama.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Organisasi Beserta Ciri dan Tujuannya

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!