Pengertian Sejarah yang menyukseskan Suatu Bangsa

Bangsa manapun yang melupakan dan tidak menghargai sejarahnya, maka tidak akan menjadi bangsa yang besar, maka dari itu Anda sekalian perlu mengetahui pengertian sejarah baik secara umum maupun menurut pandangan lain. Secara umum Anda mengetahui sejarah sebagai suatu pembelajaran mengenai masa lalu. Terutama masa lalu yang berperan penting dari suatu komunitas atau individu.

Pengertian Sejarah yang menyukseskan Suatu Bangsa

Contohnya adalah sejarah bangsa Indonesia, atau lebih spesifik lagi, sejarah para Bapak Proklamator yaitu Presiden Soekarno dan Wakil Presiden M. Hatta. Ketiganya akan menceritakan suatu perjalanan dari masa dimana hal atau sosok yang sekarang belum dikenal. Termasuk di dalamnya adalah berbagai informasi seperti tanggal terbentuk dan tanggal lahir, riwayat hidup dan perkembangannya dari tahun ke tahun. meski tidak semua kejadian tercatat, sejarah mencatat berbagai peristiwa penting yang dapat menjadi suatu pembelajaran. Itulah pengertian sejarah yang secara umum diketahui.
Pengertian Sejarah

Berbagai Pengertian Sejarah

Jika sejarah merekam dan mencatat berbagai kejadian penting di dunia, lantas siapakah yang meneliti kebenaran dan menggali sejarah tersebut? Tentunya para ahli yang mana berdedikasi meneliti berbagai macam hal. Mulai dari dokumen penting, peninggalan yang terkubur di suatu tempat, hingga bertanya kepada saksi hidup yang masih ada. Mereka memang berdedikasi, namun dibalik itu, mereka juga memiliki prinsip dan kesan tersendiri mengenai sejarah. Salah satunya adalah pengertian sejarah. Selain menurut para ahli, ada pengertian yang didapat dari dokumen resmi yang diterbitkan secara resmi, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah peristiwa ataupun kejadian di masa lalu yang memang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan. pengertian sejarah yang lainnya adalah suatu ilmu pengetahuan yang menguraikan kejadian di masa lalu, yang benar-benar terjadi pada masa itu. Nah, setelah mengetahui apa saja pengertian sejarah menurut KBBI, maka selanjutnya adalah membahas berbagai pengertian menurut pandangan pada ahli. Berikut adalah daftarnya:

1. Moh. Yamin
Salah satu pahlawan nasional Indonesia ini memiliki pengertian sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Ilmu tersebut disusun dan diselidiki sehingga mendapat suatu pembuktian yang menunjukkan bahwa informasi tersebut adalah kenyataan atau peristiwa yang benar-benar terjadi.
2. Ibnu Khaldun
Ilmuwan muslim ini ternyata juga menjadi seorang sejarawan di masanya. Beliau memberi pengertian sejarah bahwa sejarah adalah catatan tentang manusia atau peradaban yang benar-benar terjadi di masa tersebut.
3. W.H. Walsh
Beliau memberi pandangan tentang pengertian sejarah sebagai pencatatan tentang tindakan, pengalaman, dan kejadian yang dialami oleh manusia di masa lampau. Terutama untuk hal-hal yang penting.
4. Roeslan Abdulgani
Beliau memandang pengertian sejarah sebagai suatu ilmu pengetahuan. Penyelidikan yang sistematis dan penelitian dibutuhkan untuk mencapai kebenaran dalam ilmu ini. Penyelidikan mencakup seluruh perkembangan suatu masyarakat dan kejadian di masa lampau.
5. Patrick Gardiner
Pengertian sejarah menurut beliau adalah segala hal yang telah dilakukan oleh manusia, dimulai dari masa lalu.  

Menurut para ahli tersebut, jelaslah bahwa pengertian sejarah merupakan suatu ilmu yang melalui proses yang panjang. Dimulai dari terjadinya suatu peristiwa, yang mana di masa setelahnya dijadikan sebagai peristiwa penting yang harus dicatat. Selain pencatatan, penyelidikan dan penelitian diperlukan untuk membuktikan adanya peristiwa tersebut. Penyelidikan yang dilakukan untuk mencapai suatu kesimpulan bahwa peristiwa tersebut ada adalah dengan mencari jejak catatan pada masa itu, serta saksi yang yang relevan, dapat dipercaya, dan benar-benar menyaksikan peristiwa tersebut. Ada juga yang tidak menyaksikan secara langsung, namun memiliki sumber lain yang membuktikan bahwa peristiwa tersebut adalah benar terjadi. Ada banyak metode yang digunakan sehingga sejarah itu sendiri memiliki berbagai macam versi.

Meski ternyata terdapat banyak cara untuk memastikan sejarah dari suatu peristiwa, namun bukan berarti semua yang telah Anda ketahui diragukan sebagai sejarah yang benar. Anda dapat mempercayai versi manapun yang Anda anggap memiliki bukti yang cukup dan tercatat dengan jelas dalam dokumen, atau bisa dijelaskan oleh orang yang menjadi saksi hidup peristiwa tersebut. Yang manapun tidak akan mengubah berbagai pengertian sejarah bagi masing-masing orang.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Sejarah yang menyukseskan Suatu Bangsa

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!