Pengertian Sistem, Unsur dan Ciri-Cirinya

Pengertian sistem secara umum merupakan suatu komponen atau kelompok yang memiliki tujuan berbeda namun saling berinteraksi untuk bisa mencapai tujuan tertentu di ruang lingkup yang cukup kompleks. Sistem yang dimaksud dari pengertian ini lebih berkaitan dengan sosial. Pengertian tersebut umumnya selalu dijadikan sebagai referensi dalam mengartikan kata “sistem”.

Secara terminologi rasanya cukup sulit untuk mengartikan sistem. Pasalnya, sistem bisa digunakan dalam berbagai cara dengan cakupan yang luas sehingga cukup sulit untuk bisa merangkum berbagai pernyataan mengenai pengertian sistem. Hal tersebut dikarenakan terdapat latar belakang yang menyebabkan pengertian mengenai sistem bisa memiliki beda arti. Walau begitu, terdapat beberapa pengertian mengenai sistem baik secara umum, menurut KBBI hingga para ahli yang bisa memberikan pemahaman terkait arti sistem.
Pengertian Sistem

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli Beserta Cirinya

Sistem berasal dari bahasa Yunani yaitu sustema dan bahasa latin yaitu systema. Keduanya memiliki pengertian yang sama yaitu suatu kesatuan terdiri dari kelompok maupun elemen yang saling berhubungan satu sama lain untuk bisa memberikan aliran energi, informasi maupun agar bisa tercapainya suatu tujuan tertentu.

Pengertian sistem juga bisa diartikan sebagai suatu kesatuan bagian yang saling memiliki hubungan dalam suatu wilayah yang memiliki item penggerak seperti contohnya adalah negara. Negara merupakan suatu sistem, elemen yang saling berhubungan adalah provinsi dan item penggeraknya adalah warga yang tinggal di negara tersebut.

Pengertian sistem menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu perangkat atau unsur yang saling berkaitan secara teratur sehingga membentuk suatu yang totalitas. Arti sistem lainnya menurut KBBI juga bisa diartikan sebagai suatu susunan yang memiliki keteraturan dari segi pandangan, asas dan teori.

Selain pengertian secara umum dan menurut Kamus Bahasa Indonesia, ada banyak pendapat dari para ahli yang mendefinisikan arti sistem. Berikut dibawah ini pengertian sistem menurut pendapat dari berbagai ahli.

  • 1. Pamudji
  • Pengertian sistem menurut Panudji adalah suatu keseluruhan yang utuh dan terorganisir. D dalam suatu keseluruhan yang utuh tersebut terdapat komponen yang memiliki fungsi tersendiri dan saling berkaitan satu sama lain berdasarkan norma maupun pola yang berlaku untuk bisa mencapai suatu tujuan.
  • 2. Musanef
  • Pengertian sistem menurut Musanef adalah suatu kesatuan yang utuh dari rangkaian yang memiliki keterikatan satu dengan lainnya. Anak cabang sistem akan menjadi induk sistem jika berada di rangkaian selanjutnya dan begitu seterusnya hingga ada suatu hal yang bisa mengganggu dari sistem tersebut.
  • 3. Arifin Rahman
  • Arifin Rahman menyatakan bahwa sistem berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata Syn dan Histanai yang memiliki arti menempatkan bersama. Arti kata sistem tersebut ia temukan di dalam kamus Webster New Collegiate Dictionary. Jadi, Arifin Rahman menyimpulkan bahwa pengertian sistem merupakan sekumpulan orang yang memiliki perbedaan prinsip dan pendapat yang membentuk kesatuan sehingga bisa saling terkait satu sama lain.
  • 4. Sumantri
  • Menurut Sumantri, pengertian sistem merupakan suatu kelompok bagian yang saling bekerja sama untuk bisa mencapai maksud tertentu. Jika satu bagian dari sistem tersebut mengalami gangguan maka sistem tersebut tidak akan bisa berjalan sesuai tugasnya. Dengan kata lain, tidak bisa mencapai pada maksud yang diinginkan.
  • 5. Prajudi
  • Pengertian sistem menurut Prajudi adalah sebuah jaringan yang memiliki prosedur saling berkaitan membentuk suatu pola atau skema agar fungsi tersebut bisa bergerak sesuai yang diharapkan.


Suatu sistem bisa dikatakan sebagai sistem jika memiliki 5 unsur utama yaitu berada di lingkungan yang utuh, terdapat tujuan yang dijadikan sebagai hasilnya, ada obyek, obyek tersebut saling berkaitan dan terdapat sesuatu yang mengikat.

Selain unsur dan pengertian sistem yang telah dijelaskan, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri dari sebuah sistem yaitu penghubung sistem, komponen, lingkungan, input, output, pengolah dan sasaran.

Jika dilihat pengertian sistem dari berbagai pendapat maka bisa ditarik kesimpulan bahwa sistem merupakan suatu rangkaian yang saling terkait dan terhubung dan jika ada satu bagian yang mengalami gangguan maka dampaknya akan ke bagian lainnya juga.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Sistem, Unsur dan Ciri-Cirinya

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!